Kamis, 06 Oktober 2011

Presentation And .....

Presentasi... sebuah kegiatan yang sebenarnya sudah pernah kita lakukan sejak kita kecil. Yak berbicara di depan orang banyak untuk menginformasikan sesuatu, walau kadang hanya sekedar memperkenalkan diri.

SEKARANG YANG PRESENTASI ADALAH... REZKI. dulu itu bisa menyebabkan jantung berdegup kencang, mata kedap kedip, kaki gemeteran, dan mulut bergerak sambil berkata.. SU...KE...TI... :p
Pada dasarnya, presentasi adalah hal yang menakutkan pada kebanyakan orang.

Ketika sidang skripsi, saya yakin banget kalau 15 menit sebelum sidang teman-teman mulai, itu adalah saat teman-teman merasa, gilaaa.. ga pernah saya deg-degan kayak gini..

Nah, mungkin ada beberapa hal yang bisa saya sharing untuk melakukan presentasi, dan hal ini yang saya lakukan ketika saya harus berpresentasi bahkan hingga di hadapan BOD kantor saya.


1. Materi presentasi simple-menarik
    - Judul presentasi yang menarik bukan cuma standar tapi pilihan kata-kata yang "atraktif" supaya dari depan presentasi kita sudah menarik penonton.
    - Buatlah kerangka pemikiran presentasi kita dalam otak kita, sehingga ketika presentasi semua sudah terangkai dalam pikiran kita.
    - Sedikit tulisan Banyak Gambar, maksimal 3 pointer per slide cukup.
    - Call For Action di akhir slide
   
2. Preparation, preparation and preparations.
     Persiapan itu penting sekali, dimana kita akan berbicara. Kuasai materi presentasinya, latih  berkali-kali tanpa melihat slide presentasi dan persiapan lain hingga menguasai alat pendukungnya.
Jangan lupa, DRESS WELL... cara berpakaian kita akan mempengaruhi cara penonton memandang kita.


3. Ketika presentsi 
    - Sebelum mulai... siapkan dirimu.
    - Pembukaan pada slide pertama (judul), ini penting untuk membaca keadaan dan membawa penonton ke arah yang kita inginkan. Perkenalkan diri kita, tambahkan cerita dan bumbui dengan "joke".
    - Kurangi kata "ehmm, eh, ah, dll.." karena itu menganggu kalau terlalu banyak. Ketika kita harus memilih kata-kata, lebih baik diam sejenak, tarik nafas dan mulai lagi.
    - KUASAI RUANGAN dan PENONTON, kayaknya ini yang paling penting menurut saya.

Guys, tips-tips diatas ini adalah perpaduan dari apa yang biasa saya lakukan, presentation training dari seseorang yang hebat dan inspirasi dari Mr. Apple Macintosh Steve Jobs.. #RIPSTEVEJOBS

Coba lihat cara presentasi Steve Jobs, he's AMAZING... saya post blog ini bertepatan dengan hari wafatnya beliau. Steve is just so creative



So guys, always practice your presentations...

Good luck :)  












Tidak ada komentar:

Posting Komentar