Jumat, 07 Oktober 2011

Lika-Liku Emas Perhiasan


Emas perhiasan, ini adalah jenis bentuk emas yang disukai oleh kaum wanita, terutama ibu-ibu ya. Kalung, Gelang, Anting, Jam Tangan banyak deh contoh emas perhiasan.  Tapi ada hal yang teman-teman mesti tahu soal emas perhiasan ini ya.

Inget, kalau kita beli emas perhiasan yang kita bayarkan itu adalah berat emas dari karatnya plus biaya bikinnya. Makin unik dan rumit bentuk perhiasannya, makin mahal biaya bikinnya.
Jadi kalau kita nawar harga perhiasan, yang kita tawar itu bukan harga emasnya, tapi NAWAR BIAYA BIKINNYA. Harga emas per gramnya mah ga bisa ditawar, karena ngikutin harga pasar.


Berat aje nih ....
Nah gimana kalau perhiasannya dijual kembali? kalau dijual kembali yang dihargai adalah berat emasnya. Biaya bikinnya tidak akan masuk perhitungan, kecuali memang perhiasan tersebut punya nilai estetik yang tinggi atau sejarah yah. Misal GELANG PATIH GAJAH MADA. :p


Apa salah investasi dengan emas perhiasan? Ga salah kog, emas tetaplah emas. Cuma memang untuk investasi dalam bentuk emas perhiasan butuh waktu lebih lama, karena kalau kita beli perhiasan ada biaya bikinnya, kalau kita jual yang dinilai cuma emas nya saja.

Saran dari saya, beli emas lebih baik emas batangan saja langsung. Karena yang kita beli dan kita jual tidak jauh berbeda. Biaya cetak emas batangan itu ga mahal dan diatas 100gr ga ada biaya cetak. Ada beberapa ukuran emas, dari 1 gr (segede kuku doang) smp 1 Kg (kayak batang coklat tapi berat sekilo dan bisa jadi Rumah kalau dijual).

Beli-Simpan, kalau perlu uang jangan dijual.. DIGADAI :D.. lebih untung mana? nanti saya jelasin di post lain..

ssstttt... semoga ini juga bisa jadi tips buat yang mau kawin, daripada maharnya emas perhiasan, mendigan pake emas batangan aja. kan lumayan tuh, SAYA TERIMA NIKAHNYA DENGAN EMAS BATANGAN 2 GRAM :p

udah dulu ah...  post ini terinspirasi oleh sahabat saya Pak Rully Kustandar www.kebunemas.com dan selama setengah tahun ini beberapa kali menjadi MC di seminar beliau.


cheers




Tidak ada komentar:

Posting Komentar